Top
Blog
 
Aug 31
Posisi Tidur Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Anda
 

Posisi Tidur Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Anda

Kita semua tahu bahwa tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan kita, tahukah Anda bahwa posisi tidur Anda dapat memengaruhi kesehatan Anda secara umum? Apakah penting jika Anda tidur di sisi Anda, perut atau punggung? Baca terus untuk menemukan jawaban yang mengejutkan!

Banyak orang bertanya-tanya apakah posisi tidur mereka dapat menyebabkan sakit punggung atau leher, atau bahkan masalah perut. Karena itu dalam artikel ini saya akan membahas posisi tidur terburuk dan terbaik untuk tubuh Anda.

Posisi Tidur Terburuk - pada Perut Anda

Posisi ini bisa keras di punggung, bahu, dan leher dan membuat Anda sulit mempertahankan lengkungan alami tulang belakang Anda. Itu juga bisa menyebabkan nyeri bahu karena tidur.

Tidur telungkup memberi tekanan pada sendi dan otot Anda yang dapat menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan.

Jika Anda tidak dapat tidur dengan cara lain, kurangi ketegangan di punggung Anda dengan menempatkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah. Juga letakkan bantal di bawah kepala Anda jika itu tidak terlalu menekan punggung Anda, tetapi jika itu menyebabkan ketegangan, jangan gunakan bantal sama sekali.

Posisi Tidur Lebih Baik - di Belakang Anda

Saat tidur di punggung Anda lebih baik daripada tidur tengkurap (karena punggung, kepala, leher dan tulang belakang Anda mempertahankan posisi netral), itu masih memiliki kekurangan.

Tidur telentang tidak dianjurkan jika Anda cenderung mendengkur dan bagi mereka yang mengalami gangguan tidur. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang mengancam jiwa yang telah saya sebutkan di artikel saya tentang tanda-tanda peringatan apnea tidur. Tidur telentang juga bisa menyebabkan lidah Anda jatuh ke dalam yang dapat menghalangi saluran pernapasan.

Pada tahap akhir kehamilan, dianjurkan untuk menghindari berbaring telentang, karena dalam posisi itu berat uterus menekan tulang belakang, otot punggung, dan pembuluh darah utama, yang dapat menurunkan aliran darah di sekitar tubuh dan bayimu.7,8

Jika Anda menderita sakit punggung, disarankan untuk menempatkan bantal di bawah lutut Anda dan cobalah handuk kecil yang digulung di bawah punggung bawah untuk dukungan ekstra dan untuk membantu menjaga lekukan di punggung Anda. Juga jangan lupa untuk mendukung leher Anda dengan bantal.

Posisi Tidur Terbaik - di Sisi Anda

Fakta menarik: mayoritas orang Amerika (63%) lebih suka tidur di sisinya.1

Dalam posisi ini, orang itu tidur di samping sementara bagian belakang agak melengkung dengan lutut ditekuk dan lengan dilipat. Banyak yang menganggap posisi ini sebagai yang paling sehat, karena membantu menjaga saluran udara tetap terbuka dan sesuai dengan kurva alami tulang belakang.

Untuk membuat posisi ini lebih baik, Anda dapat menambahkan bantal di antara lutut untuk mengurangi stres di pinggul.

Sebuah penelitian terbaru dari Stony Brook University11 menunjukkan bahwa tidur dalam posisi samping, dibandingkan dengan tidur di punggung atau perut, mungkin lebih efektif menghilangkan limbah otak, dan terbukti menjadi praktik penting untuk membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan Alzheimer dan neurologis lainnya. penyakit Penemuan ini dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience pada Juli 2015.

Proses pembersihan otak, yang disebut sistem glymphatic, membersihkan kotoran dari otak yang mirip dengan cara sistem limfatik tubuh membersihkan kotoran dari organ. Proses ini paling efisien saat tidur. Pembentukan sampah otak dapat berdampak negatif pada proses otak, dan jika limbah ini tidak dibuang dengan benar, kemungkinan penyakit neurologis dapat meningkat.

Jika Anda cenderung menderita mulas, maka tidur di sisi Anda juga bisa membuat perbedaan.

Penelitian telah menemukan bahwa tidur di sisi kiri dapat meringankan gejala sakit maag, sementara tidur di sisi kanan membuat mereka lebih buruk. Alasannya tidak sepenuhnya jelas, dan beberapa teori telah dikemukakan tentang masalah ini.

Tidur di sisi kiri juga dianjurkan selama kehamilan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan untuk memungkinkan darah Anda dengan cara yang lebih mudah dari jantung ke plasenta untuk menyehatkan bayi. Tidur di sisi kiri juga menjaga berat badan yang bertambah dari menekan terlalu keras pada hati Anda (juga memberi perhatian khusus pada kebiasaan umum lainnya yang dapat merusak hati Anda). Sementara kedua sisi baik-baik saja selama kehamilan, yang tersisa adalah yang terbaik.8

Sisi yang Anda pilih saat tidur juga bisa berdampak jika Anda menderita batu ginjal.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di BMJ pada edisi April 2001 mereka menunjukkan bahwa secara konsisten tidur di satu sisi tubuh dapat membuat sisi yang menahan beban ini lebih rentan terhadap batu ginjal. Penelitian ini memeriksa 110 orang yang menderita batu ginjal di satu sisi tubuh mereka. , dan menemukan bahwa batu pasien sering muncul kembali pada sisi yang mereka sukai saat tidur.

Disarankan dalam penelitian bahwa posisi tidur mempengaruhi aliran darah ke ginjal dan dapat menyebabkan perlambatan sementara dalam sirkulasi ke ginjal sehingga mempengaruhi kemampuan ginjal untuk membersihkan diri dari berbagai zat. Studi ini menyarankan bahwa mengubah kebiasaan tidur dapat membantu mencegah batu ginjal berulang.